Marketplace Melejit, Toko Fisik Terdesak! Data BPS dan Airlangga Ungkap Tren Baru Konsumen Indonesia 2025

Airlangga Tegaskan Daya Beli Masyarakat Beralih ke Market Place
Sumber :
  • tvOnenews.com/Abdul Gani Siregar

VIVA, Banyumas – Perubahan besar dalam pola konsumsi masyarakat Indonesia mulai terlihat secara nyata, terutama dalam sektor ritel. Belanja online melalui marketplace kini menjadi kebiasaan baru, menggantikan toko fisik sebagai tempat utama bertransaksi.

Pelayanan Haji 2025 Sangat Memuaskan, Menag: Indeks Kepuasan 88,46 Jadi Bukti Nyata Apresiasi Jemaah

Bahkan, belanja produk kosmetik dan perawatan diri menjadi sektor dengan lonjakan pertumbuhan tertinggi. Hal ini menandai era baru ekonomi digital yang semakin kuat di tengah ketidakpastian global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menegaskan bahwa telah terjadi pergeseran besar dalam pola konsumsi masyarakat dari toko fisik ke platform online atau marketplace.

Demi Biaya Nikah, Pria di Wonosobo Nekat Curi di Toko Kosmetik, Akhirnya Dibekuk Polisi

Perubahan ini menjadi indikator penting dari transformasi ekonomi digital yang sedang berlangsung di Indonesia.

Airlangga menyampaikan, sektor personal care dan kosmetik menjadi contoh nyata dari perubahan ini.

Airlangga Hartarto Buka Suara soal Isu PHK Massal di Gudang Garam: Belum Ada Laporan Resmi

“Kemudian yang shift ke online salah satu contoh yang tumbuhnya tinggi adalah personal care dan kosmetik, itu naik mendekati 17 persen,” ujar Airlangga dalam Konferensi Pers Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II-2025, di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta Pusat, Selasa (5/8/2025).

Data Badan Pusat Statistik (BPS) memperkuat pernyataan Airlangga. Pada kuartal II tahun 2025, transaksi ritel online dan marketplace tumbuh sebesar 7,55 persen.

Halaman Selanjutnya
img_title