Wow! 89 Ribu Penumpang Gunakan Stasiun Sidareja Cilacap Hanya dalam 8 Bulan

Ramainya aktivitas di Stasiun Sidareja Cilacap
Sumber :
  • instagram @kai121_

Stasiun Sidareja melayani 89 ribu penumpang dalam 8 bulan 2025. Rata-rata 11 ribu orang tiap bulan membuktikan perannya sebagai simpul transportasi vital Cilacap

Anggota Polri asal Cilacap, Muhamad Firmansyah, Raih Juara 1 Mas Jawa Tengah 2025 dan Wakili Provinsi di Ajang Nasional

Viva, Banyumas - Stasiun Sidareja di Kabupaten Cilacap kian menegaskan perannya sebagai simpul transportasi vital di Jawa Tengah bagian barat. Berdasarkan data resmi PT KAI Daop 5 Purwokerto, jumlah penumpang yang berangkat dari Stasiun Sidareja mencapai 89.334 orang sepanjang periode Januari hingga Agustus 2025.

Jika dihitung rata-rata, pergerakan penumpang bulanan mencapai 11.167 orang. Angka ini menunjukkan betapa besar ketergantungan masyarakat terhadap kereta api sebagai moda transportasi utama, terutama untuk mobilitas antarwilayah di Jawa Tengah hingga Jawa Barat.

Dua Hari Pencarian, Tim SAR Gabungan Temukan Korban Tenggelam di Pantai Pasir Kebumen

Kepala Humas KAI Daop 5 Purwokerto, Krisbiyantoro, menegaskan bahwa data tersebut membuktikan Stasiun Sidareja memiliki peran krusial dalam mendukung aktivitas masyarakat.

Menurutnya, kepercayaan masyarakat terhadap layanan kereta api semakin meningkat seiring dengan konsistensi KAI dalam menjaga kenyamanan, keamanan, dan ketepatan waktu perjalanan. Peran Stasiun Sidareja bukan hanya sebagai titik keberangkatan, melainkan juga sebagai stasiun transit penting.

Mendadak Batal! Aksi Damai Ojol Cilacap di Polresta Urung Digelar Pada 1 September 2025

Lokasinya yang strategis di wilayah Cilacap bagian barat membuatnya menjadi pilihan utama bagi warga yang ingin bepergian ke arah Bandung, Yogyakarta, maupun Jakarta. Dengan tingginya mobilitas masyarakat, keberadaan stasiun ini terbukti memberikan kontribusi signifikan terhadap kelancaran transportasi regional.

Selain itu, peningkatan jumlah penumpang juga tidak lepas dari berbagai inovasi layanan yang dilakukan KAI. Mulai dari kemudahan pemesanan tiket secara daring, perbaikan fasilitas stasiun, hingga penyediaan jadwal perjalanan yang semakin fleksibel.

Halaman Selanjutnya
img_title