Yamaha Diam-Diam Punya Dua Skutik Lebih Ganteng dari NMAX! Kenapa Belum Masuk Indonesia?

Yamaha Keren Ini Tidak Masuk ke Indonesia
Sumber :
  • YouTube/MOTO Z

VIVA, Banyumas – Yamaha merupakan salah satu pabrikan sepeda motor terkemuka di dunia, dikenal dengan inovasi dan kualitas produknya.

Dulu Diburu Sampai Inden 3 Bulan, Kini Terlupakan: Inilah Kisah Fenomenal Yamaha Byson yang Nyaris Dilupakan!

Di Indonesia, Yamaha telah mengukuhkan posisinya sebagai raja skutik gambot dengan kehadiran NMAX yang mendominasi pasar.

Namun, jauh di sana, tepatnya di Taiwan dan Amerika, Yamaha ternyata menyimpan dua permata tersembunyi yang tak kalah menarik yakni Yamaha SMAX 155 dan Yamaha Force 155.

Cuma Orang Terpilih yang Punya! Deretan Motor Special Edition Yamaha Ini Bikin Kolektor Geleng-Geleng Kepala

Kedua skutik bongsor ini menawarkan perpaduan desain yang sporty, fitur fungsional, dan kepraktisan yang mungkin bisa menjadi angin segar bagi pasar skutik di tanah air.

Keberadaan kedua model ini menunjukkan betapa beragamnya lini produk Yamaha yang belum semuanya masuk ke pasar global, memunculkan pertanyaan menarik, mengapa dua skutik keren ini belum juga diboyong ke Indonesia?

Rekomendasi Motor Ojek Online: Ini Dia Pilihan Mesin Irit yang Bikin Dompet Tebal Tiap Hari!

Desain Memukau dan Fitur Fungsional

Jika selama ini Anda menganggap Yamaha NMAX sebagai skutik gambot paling populer, maka Yamaha SMAX 155 dan Yamaha Force 155 akan mengubah pandangan Anda.

Keduanya sudah melenggang sejak 2015, bersamaan dengan kemunculan NMAX di Indonesia.

Di Taiwan, kedua motor ini bahkan menjadi pengganti NMAX dan Aerox, karena dianggap lebih cocok dengan selera masyarakat setempat yang mengutamakan kepraktisan.

Yang paling mencolok dari kedua motor ini adalah penggunaan dek rata, berbeda dengan NMAX maupun Aerox yang memiliki dek tinggi.

Desain ini tidak hanya memudahkan pengendara saat naik turun, tetapi juga memberikan fleksibilitas lebih untuk membawa barang.

Kepraktisan lainnya terlihat dari lubang pengisian bahan bakar yang ditempatkan di bawah stang, mirip dengan Yamaha FreeGo.

Tidak hanya itu, kapasitas bagasi di bawah jok kedua motor ini juga sangat lega: 32 liter untuk SMAX dan 28 liter untuk Force 155, jauh melampaui NMAX (24 liter) dan Aerox (25 liter).

Yamaha SMAX 155: Elegan dengan Sentuhan Sporty

Dari segi desain, Yamaha SMAX 155 tampil sangat menawan. Garis-garis desain yang mengalir proporsional menciptakan tampilan yang elegan namun tetap kental dengan kesan sporty.

Lampu utamanya berdesain oval sabit dengan dual reflektor dan DRL, dilengkapi windshield lebar yang menambah kegantengan.

Lampu belakangnya pun tak kalah futuristik dengan desain LED yang keren.

Salah satu fitur menarik dari SMAX adalah penggunaan suspensi monoshock tersembunyi di bagian tengah, memberikan kesan sporty dan menjadi alasan di balik bagasinya yang sangat luas.

Sistem pengereman ABS Dual Channel generasi ketiga dari FIC Jepang juga disematkan, sama seperti pada Yamaha TMAX dan MT09, menjamin keamanan maksimal.

Panel speedometernya memadukan analog dan digital dalam desain tiga kluster, memberikan tampilan yang garang dan tidak mainstream.

Yamaha Force 155: Sporty dan Fungsional

Sementara itu, Yamaha Force 155 hadir dengan tampilan yang lebih sporty, menyerupai Aerox di Indonesia, dengan banyak sudut tajam dan kesan futuristik.

Meskipun basis desainnya mirip SMAX 155, Force 155 memiliki karakter motor perkotaan yang kuat.

Lampu utamanya dual reflektor terpisah dengan lampu senja segitiga, meskipun masih menggunakan bohlam.

Persamaan antara Force 155 dan SMAX 155 meliputi penggunaan suspensi belakang tidur, dek rata, dan pengisian bahan bakar di bawah stang.

Motor ini juga dilengkapi electric power socket untuk mengisi daya ponsel. Keduanya mengadopsi stang telanjang dan memiliki kapasitas tangki bahan bakar 7,8 liter.

Perbedaan paling mencolok pada Force 155 adalah panel speedometer full digital yang selaras dengan bodi keseluruhannya.

Potensi di Pasar Indonesia

Di sektor dapur pacu, keduanya sangat mirip, mengusung mesin 155cc SOHC 4 klep, dan kabarnya generasi terbarunya sudah dilengkapi VVA seperti NMAX.

Banyak pengendara yang mencoba Yamaha SMAX dan Force 155 menyukai kenyamanan jok yang lebar dan tebal, serta posisi berkendara yang sigap berkat setang handle bar yang tinggi.

Kehadiran SMAX dan Force 155 di Indonesia berpotensi besar untuk melahirkan pasar dan komunitas baru bagi mereka yang mengidamkan skutik gambot dengan dek rata dan mobilitas tinggi.

Jika Yamaha Indonesia mau menghadirkan kedua motor ini dengan spesifikasi dan harga yang kompetitif, citra Yamaha sebagai penguasa skutik gambot di tanah air akan semakin kuat dan tak terkejar oleh para rival.

Bagaimana menurut Anda? Setuju jika kedua motor keren ini dijual di Indonesia? Atau Anda lebih suka desain SMAX 155 atau Force 155?