QJMotor Bangun Pabrik di Cikarang, Siap Produksi dan Ekspor Motor ke Asia Tenggara Mulai 2025!

QJ Motor SRK 600 RC
Sumber :
  • PT. QJMOTOR INDUSTRY INDONESIA

VIVA, BanyumasQJMotor Indonesia semakin serius dalam memperkuat kehadirannya di pasar roda dua Tanah Air.

Honda CR-Z mobil sport hybrid dengan desain futuristik mesin 1.5L i VTEC dan teknologi IMA yang irit bahan bakar

Perusahaan otomotif asal China ini tengah membangun fasilitas perakitan di kawasan Delta Mas, Cikarang, yang rencananya akan mulai beroperasi pada semester II tahun 2025.

Langkah ini tidak hanya untuk memenuhi permintaan domestik, tetapi juga menjadikan Indonesia sebagai basis produksi untuk kawasan Asia Tenggara.

Budi Kurniawan, VP Branding & Marketing Communication PT QJMotor Industry Indonesia, mengungkapkan bahwa pembangunan pabrik ini bertujuan untuk mendukung produksi motor serta sparepart secara lokal.

Simak Spesifikasi dan Cantiknya Varian Warna Honda Genio CBS

“Ke depannya memang semuanya akan kami produksi. Cuma memang kami mulai dari model yang sudah ada. Dan bukan hanya produksi, pabrik ini rencananya akan ekspor juga,” ujar Budi dalam sebuah acara di Jakarta pada Selasa (25/3/2025).

Menurutnya, kehadiran pabrik ini merupakan komitmen jangka panjang QJMotor dalam industri otomotif Indonesia.

“Jadi kami di sini bangun pabrik, tidak hanya ingin menguatkan posisi, terus memberikan keyakinan ke konsumen bahwa kami serius. Tapi nantinya ke depan, kami juga akan merambah ke Asia Tenggara,” kata dia.

Saat ini, QJMotor telah menghadirkan empat model unggulan di Indonesia.

Biar Gak Penasaran Pilihan Skema Cicilan Motor Honda Ada di Sini

Model pertama adalah Fort 250, yang menjadi varian paling terjangkau dengan harga Rp 49.990.000.

Selain itu, ada dua motor cruiser, yaitu SRV 250 AMT yang dibanderol Rp 59.990.000 dan SRV 600V dengan harga Rp 179.990.000.

Sementara itu, untuk segmen sport fairing, QJMotor menghadirkan SRK 800RR dengan harga Rp 249.990.000.

Lebih lanjut, Budi mengonfirmasi bahwa pabrik ini akan memproduksi model-model yang sudah dipasarkan di Indonesia dengan skema Completely Knocked Down (CKD). 

“Sebenarnya (produksi lokal) untuk model yang sekarang sudah ada di sini, ada empat model. Empat model itu kemungkinan akan kami coba semuanya (CKD). Iya betul (sekarang masih CBU China),” jelasnya.

Dengan pembangunan pabrik ini, QJMotor tidak hanya berupaya meningkatkan daya saing di pasar domestik, tetapi juga memperluas jangkauan bisnisnya ke pasar regional. 

Keputusan ini menjadi langkah strategis yang menandakan keseriusan QJMotor dalam industri roda dua di Indonesia dan Asia Tenggara