KA Argo Bromo Anjlok, Ini Daftar KA Daop 6 Jurusan Solo dan Jogja yang Dibatalkan 2 Agustus 2025
- pexel @Achilles Kastanas
Viva, Banyumas - Para pengguna jasa kereta api di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya harus bersabar. PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasi (Daop) 6 Yogyakarta resmi membatalkan 18 perjalanan kereta api (KA) pada Sabtu, 2 Agustus 2025.
Hal ini merupakan imbas dari proses evakuasi KA Argo Bromo Anggrek yang anjlok di Stasiun Pegadenbaru, Subang, Jawa Barat sehari sebelumnya. Feni Novida Saragih, Manajer Humas Daop 6, menyampaikan permohonan maaf kepada penumpang atas ketidaknyamanan yang terjadi.
KAI memastikan penanganan penumpang dilakukan sesuai prosedur dan mengedepankan faktor keamanan.
“Penumpang terdampak mendapatkan haknya sesuai aturan, termasuk pengembalian bea 100 persen di luar bea pesan untuk KA yang dibatalkan,” jelas Feni dikutip dari tvonenews.
Daftar KA Daop 6 yang Dibatalkan
Berikut daftar kereta api yang diberangkatkan dari wilayah Daop 6 dan dibatalkan:
- KA Taksaka (Yogyakarta–Gambir)
- KA Manahan (Solo Balapan–Gambir)
- KA Banyubiru (Solo Balapan–Semarang Tawang Bank Jateng)
- KA Fajar Utama Yogyakarta (Yogyakarta–Pasarsenen)
- KA Argo Lawu (Solo Balapan–Gambir)
- KA Mataram (Solo Balapan–Pasarsenen)
- KA Bogowonto (Lempuyangan–Pasarsenen)
KA dengan tujuan akhir Daop 6 yang juga dibatalkan:
- KA Banyubiru (Semarang Tawang–Solo Balapan)
- KA Argo Dwipangga (Gambir–Solo Balapan)
- KA Fajar Utama Solo (Pasarsenen–Solo Balapan)
- KA Gajahwong (Pasarsenen–Lempuyangan)
- KA Fajar Utama Yogyakarta (Pasarsenen–Yogyakarta)
KA yang melintasi wilayah Daop 6 dan turut dibatalkan:
- KA Argo Semeru (Surabaya Gubeng–Gambir pp)
- KA Singasari (Blitar–Pasarsenen)
- KA Jayakarta (Surabaya Gubeng–Pasarsenen)
- KA Madiun Jaya (Madiun–Pasarsenen dan sebaliknya)
Layanan Refund dan Pendampingan KAI Daop 6 telah membuka layanan refund dan penjadwalan ulang di semua loket stasiun dan contact center KAI.
Petugas layanan pelanggan juga disiagakan untuk memberikan solusi dan pendampingan langsung kepada penumpang yang terdampak.
Feni menegaskan bahwa KAI tetap mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan pelayanan prima, serta terus melakukan koordinasi pemulihan operasional dengan seluruh unit kerja terkait