Aki Motor Sering Tekor? Jangan Langsung Ganti! Cek Dulu Penyebab Tersembunyi yang Sering Terabaikan

Penyebab Aki Motor Drop
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube/Eric Motor

VIVA, BanyumasAki merupakan komponen vital dalam sistem kelistrikan sepeda motor.

100 Sepeda Motor Operasional untuk Kades di Banyumas, Bupati Sadewo: Butuh Kinerja Lebih Baik

Fungsinya sebagai penyimpan daya listrik membuatnya sangat penting untuk menyalakan mesin dan menyuplai listrik ke berbagai komponen lain.

Namun, ada kalanya aki mengalami masalah, seperti tidak mengisi atau selalu drop. Hal ini tentu menyulitkan, terutama jika motor tiba-tiba tidak bisa dinyalakan.

Penyerahan Sepeda Motor Operasional untuk Kades dan Lurah di Kabupaten Banyumas

Nah, kali ini kita akan membahas penyebab utama aki motor yang tidak mengisi dan selalu drop, berdasarkan pengalaman dari bengkel Erik Motor.

Kasus ini bermula dari motor Suzuki Skydrive yang masuk ke bengkel Erik Motor dengan keluhan aki tidak mengisi.

Menurut pemilik bengkel, motor ini sebelumnya sudah diperiksa di bengkel lain, namun tidak ditemukan solusinya.

Motor Matic Sekelas Sultan? Honda Beat Deluxe Punya Fitur Keren yang Bikin Kamu Nggak Percaya Harganya Masih Terjangkau!

Saat dilakukan pengecekan awal, motor tidak bisa distarter dan perlu dicas terlebih dahulu.

Ketika motor dinyalakan dan digas, tegangan aki tidak mengalami kenaikan, menkamukan adanya masalah dalam sistem pengisian.

Pemeriksaan pertama dilakukan pada spul, yaitu komponen yang berfungsi menghasilkan listrik untuk mengisi aki.

Dengan mencari soket spul, dilakukan pengecekan arus listrik menggunakan alat ukur. 

"Nah jadi dari spul bagus tuh, ada arusnya, tapi dia enggak mengisi nih," ungkapnya YouTube Eric Motor.

Ini menandakan bahwa spul masih dalam kondisi baik, tetapi listrik yang dihasilkan tidak tersalurkan dengan sempurna ke aki.

Langkah berikutnya adalah mengecek kiprok, komponen yang berfungsi mengatur tegangan listrik dari spul sebelum diteruskan ke aki.

Untuk Suzuki Skydrive, kabel merah menjadi jalur utama arus ke aki. Setelah dilakukan pengecekan, ternyata arus dari kiprok masih ada, namun aki tetap tidak mengisi.

Hal ini menunjukkan adanya masalah dalam jalur kabel dari kiprok ke aki.

Setelah ditelusuri lebih lanjut, penyebab utama ditemukan pada soket kabel yang menghubungkan kiprok ke aki.

"Nah ternyata ini Bos ketemu nih penyakitnya. Kabel yang dari soket ke aki ternyata putus di sini nih," jelas Eric Motor.

Kabel yang putus ini menghambat aliran listrik sehingga pengisian aki tidak berjalan optimal.

Setelah dilakukan perbaikan dengan mengganti skun dan memastikan koneksi kabel yang baik, motor kembali normal dan aki dapat terisi dengan sempurna.

Dari kasus ini, dapat disimpulkan bahwa penyebab aki motor tidak mengisi tidak selalu berasal dari kiprok atau spul yang rusak.

Oleh karena itu, sebelum mengganti komponen yang mahal, ada baiknya memeriksa kondisi kabel dan soket terlebih dahulu.

Selain itu, agar aki tetap awet, disarankan untuk rutin memanaskan motor dengan cara membawanya berkendara minimal tiga hari sekali.

Dengan perawatan yang baik, aki motor akan lebih tahan lama dan kinerja kendaraan tetap optimal