Suzuki Hybrid Melejit! XL7 dan Ertiga Lokal Diam-diam Kuasai 51 persen Pasar, Apa Rahasianya?

VIVA Otomotif: Suzuki All New Ertiga Hybrid di GIIAS 2023
Sumber :
  • Dok: SIS

VIVA, Banyumas – Suzuki terus menunjukkan performa penjualan yang kuat di Indonesia, konsisten menempati lima besar merek terlaris setiap tahun. Menariknya, lini hybrid mereka menjadi penggerak utama penjualan.

Suzuki Fronx Hadir dengan Fitur Keamanan Canggih: Adaptive Cruise Control, Kamera 360°, dan AEB untuk Safety Maksimal

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat distribusi pabrik–diler Suzuki pada April 2025 mencapai 4.145 unit, menempatkannya di posisi ketiga. Dari sisi retail (diler–konsumen), volume bulan tersebut tercatat 4.077 unit dan berada di peringkat kelima.

Model mild hybrid Suzuki Ertiga, XL7, dan Grand Vitara menyumbang 51 persen dari total tersebut.

Mobil Listrik BYD Laris Manis di Indonesia, Tapi Kok Di China Justru Gagal Total? Simak Fakta Mengejutkan Ini!

Tingginya minat terhadap mobil hybrid Suzuki tidak hanya terjadi di April, sejak awal 2025 tren naik terus terlihat kontribusi 46 persen pada Januari, 47 persen di Februari, dan memuncak 52 persen di Maret.

Selama empat bulan pertama tahun ini, Suzuki Ertiga Hybrid dan XL7 Hybrid rakitan lokal menyumbang volume terbesar. Kedua model berteknologi semi-hybrid itu diproduksi di Cikarang, Jawa Barat.

Bukan Cuma Murah! Ini 5 Mobil China yang Kuasai Showroom RI April 2025

"Pada bulan lalu, kami mencatat adanya koreksi kecil pada angka retail sales April 2025, Namun jika melihat data dalam perspektif luas, penurunan tersebut masih dapat diterima dalam konteks fluktuasi pasar yang lebih besar," ujar Department Head of 4W Sales PT Suzuki Indomobil Sales, Randy R. Murdoko, dikutip dari VIVA.co.id pada Senin (19/5/2025).

"Secara persentase, kontribusi model hybrid masih menunjukkan kinerja positif dan harus terus di kelola secara baik," lanjutnya.

Selain memenuhi permintaan domestik, XL7 Hybrid dan Ertiga Hybrid juga diekspor ke berbagai pasar, mulai Amerika Selatan, Oceania, hingga sejumlah negara di Asia Tenggara.

Menurut Randy, status kedua model rakitan lokal sebagai produk global turut menumbuhkan kebanggaan pengguna.

Ia mengakui membangun kepercayaan terhadap teknologi hybrid memiliki tantangan tersendiri.

"Namun dengan konsistensi beserta ketulusan kami dalam melayani pelanggan, secara perlahan manfaatnya telah terlihat maupun dapat dirasakan bersama. Popularisasi model hybrid kami bukan sekedar tentang penjualan saja, tetapi juga merupakan bentuk kontribusi nyata Suzuki bagi Indonesia,” ucapnya