Gubernur Jateng Bongkar Cara Pemprov Layani Aduan Warga 1x24 Jam Dihadapan Mahasiswa Unimus Semarang
- Pemprov Jateng
Pemprov Jateng di bawah Ahmad Luthfi jalankan sistem aduan cepat 1x24 jam. Layanan ini hadir untuk transparansi, antikorupsi, dan memperkuat kepercayaan publik
Viva, Banyumas - Dalam pertemuan dengan ribuan mahasiswa baru Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus), Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi membeberkan bagaimana pemerintah provinsi menjalankan sistem layanan publik yang responsif.
Salah satunya adalah layanan aduan masyarakat dengan respons cepat maksimal 1x24 jam. Menurut Luthfi, prinsip utama dalam kepemimpinan adalah membangun kepercayaan masyarakat melalui pelayanan yang cepat, transparan, dan solutif.
Oleh karena itu, Pemprov Jateng menyediakan kanal aduan daring yang dapat diakses siapa saja, kapan saja. Bahkan, warga yang ingin menyampaikan aspirasi langsung bisa datang ke Kantor Gubernur, yang dikenal dengan sebutan Rumah Rakyat.
“Semua keluh kesah masyarakat kita layani. Aduan akan diproses dan ditindaklanjuti dalam waktu 1x24 jam. Warga juga bisa datang langsung ke kantor, karena pintu kami terbuka untuk siapa pun,” ujar Luthfi di kampus Unimus.
Ia menegaskan bahwa seorang pemimpin, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota, maupun desa, harus mampu menyelesaikan masalah masyarakat secara nyata. Pemimpin juga dituntut memiliki kebijakan yang berpihak pada kepentingan publik dan bebas dari intervensi.
“Tidak boleh ada intervensi dari pihak mana pun, bahkan politik sekalipun. Di Pemprov Jateng kami sudah menerapkan merit system, artinya setiap kebijakan dan penempatan pejabat berdasarkan kapasitas dan kemampuan,” tegasnya.