Honda BeAT FI Tiba-Tiba Mati Saat Digas dan Nggak Bisa Jalan? Jangan Panik, Bisa Jadi Cuma Karena Ini

Masalah Honda BeAT
Sumber :
  • YouTube/Belajar Mekanik Dari Nol

VIVA, BanyumasMasalah motor Honda BeAT FI yang tiba-tiba mogok, tidak bisa digas, dan kemudian kembali normal, memang cukup membingungkan bagi sebagian pengguna.

Rp26 Jutaan! Suzuki Easy 2025 Rilis dengan Panel Digital dan Lampu LED, Bisa Saingi Beat?

Permasalahan Honda BeAT ini kerap terjadi secara acak, membuat diagnosa awal menjadi cukup sulit jika tidak ditangani secara sistematis.

Keluhan umum yang dialami pengguna Honda BeAT antara lain motor hidup namun tidak bisa digas, atau ketika ditekan klakson, mesin menjadi brebet hingga mati.

Pengakuan Mencengangkan! Begini Cara dan Jenis Motor yang Paling Mudah Dicuri Menurut Langsung Para Pelakunya

"Nah Guys sekarang penyakitnya sudah muncul ya ini masih bisa langsam tapi ketika kita pencet klakson nih nah dia endut-endutan ya Guys bahkan tidak bisa jalan sama sekali." ujarnya seorang narator dari kanal YouTube Belajar Mekanik Dari Nol.

Ini menandakan adanya gangguan pada sistem kelistrikan motor, terutama pada bagian pengisian.

Kiprok Honda CB150R Streetfire Cepat Panas? Ini Penyebab dan Solusi Efektif Agar Tetap Awet

Langkah awal yang dilakukan adalah memeriksa tegangan aki. Dalam kasus ini, tegangan aki hanya menunjukkan 10 volt, bahkan menurun menjadi 7 volt saat mesin hidup.

Ini mengindikasikan bahwa sistem pengisian tidak bekerja dengan baik.

Selanjutnya, dilakukan uji dengan mencabut aki, dan ternyata motor tidak mau hidup tanpa aki.

Padahal, idealnya Honda BeAT FI masih bisa menyala walau tanpa aki jika kiprok dan spul berfungsi normal.

Pengecekan kemudian berlanjut pada kabel pengisian dari spul ke kiprok.

Setelah membuka bagian kipas dan magnet, ditemukan bahwa kabel putih dari spul yang bertugas sebagai jalur pengisian ternyata putus di bagian dalam lilitan atau di bagian repet.

Hal ini sesuai dengan kutipan,

"Nah udah putus sekarang udah kelihatan jadi gampang ya cari masalahnya itu kalau kita tahu langsung to the point." tambahnya.

Solusinya cukup sederhana namun efektif. Kabel yang putus diganti dengan kabel berkualitas baik dari kabel body orisinal, lalu disambung dan disolasi dengan rapi.

Setelah diperbaiki, pengisian aki kembali normal dan motor bisa hidup tanpa aki. Tegangan juga naik hingga 14 volt saat digas.

Bagi pengguna Honda BeAT FI yang mengalami masalah serupa, langkah-langkah perbaikan ini bisa menjadi acuan.

Perhatikan tanda-tanda awal gangguan kelistrikan, dan cek kondisi kabel pengisian secara menyeluruh.

Dengan penanganan yang tepat, motor kembali prima tanpa perlu mengganti banyak komponen