Honda CB150R Old Tiba-Tiba Mati? Ini Biang Keladinya yang Sering Luput dari Perhatian Pemilik!
- Facebook/Mas Samlong
VIVA, Banyumas – Honda CB150R Old merupakan salah satu motor sport yang cukup populer di Indonesia.
Namun, seperti kendaraan lainnya, Honda CB150R Old diduga memiliki masalah kelistrikan dan pengapian bisa terjadi, terutama jika terjadi kesalahan dalam pemasangan komponen listrik.
Salah satu masalah yang kerap dialami pengguna Honda CB150R Old adalah hilangnya pengapian dan kelistrikan secara total.
Berikut adalah langkah-langkah pengecekan dan solusi untuk mengatasi masalah ini sebagaimana dilansir dari YouTube/Belajar Mekanik Dari Nol.
Gejala Umum
Beberapa indikasi yang menunjukkan bahwa motor mengalami kehilangan pengapian dan kelistrikan antara lain:
- Saat kontak ON, speedometer tidak menyala.
- Klakson, lampu utama, dan indikator lainnya mati.
- Tidak ada api pada busi.
- Full Pump tidak mengeluarkan suara dengung.
Penyebab Utama
Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah penggunaan kiprok KW yang tidak memiliki tahanan aki.
Hal ini bisa menyebabkan overcharge dan akhirnya merusak sistem kelistrikan secara keseluruhan, termasuk ECU (Engine Control Unit).
Langkah-Langkah Pengecekan
1. Cek Arus dari Aki
- Pastikan aki memiliki tegangan 12V.
- Periksa apakah ada arus yang masuk ke kontak utama.
2. Periksa Sistem Pengaman (Fuse/Sekring)
- Cek kondisi fuse utama, jika putus segera ganti.
- Pastikan fuse untuk lampu, injeksi, dan ECU dalam kondisi baik.
3. Periksa Relay Utama
- Relay utama berfungsi menghubungkan arus ke berbagai komponen listrik.
- Jika relay macet, motor tidak akan menyala meskipun arus dari aki ada.
4. Cek Kabel Hitam Leres Putih
- Kabel ini berfungsi mengalirkan arus listrik ke ECU, injektor, coil, dan full pump.
- Pastikan tidak ada kabel yang putus atau terbakar.
5. Periksa ECU
- Jika semua komponen di atas sudah diperiksa dan tetap tidak ada respon, kemungkinan besar ECU mengalami kerusakan.
- Cara mengetahuinya adalah dengan melakukan jumper massa. Jika kelistrikan kembali normal, maka ECU dipastikan rusak dan perlu diganti.
Kesimpulan
Masalah kelistrikan dan pengapian pada Honda CB150R Old sering kali disebabkan oleh penggunaan kiprok KW tanpa tahanan aki yang menyebabkan overcharge.
Untuk menghindari masalah ini, selalu gunakan kiprok original dan pastikan pemasangan aki dilakukan dengan benar.
Jika sudah terjadi kerusakan, langkah pengecekan di atas bisa membantu dalam mendiagnosis dan memperbaiki masalah sebelum mengganti komponen yang lebih mahal seperti ECU