Starter Jupiter-Z Macet Saat Dingin? Bisa Jadi Karena Hal Sepele Ini, Cek Sebelum ke Bengkel!
- Ist
VIVA, Banyumas – Pernah merasa frustrasi saat pagi hari motor Yamaha Jupiter Z kesayangan Anda tiba-tiba susah dinyalakan? Padahal aki masih normal, klakson terdengar nyaring, dan lampu pun terang. Namun, saat tombol starter ditekan, motor cuma diam membisu tanpa respons.
Masalah ini kerap terjadi pada banyak pengguna Motor Yamaha Jupiter Z, terutama ketika kendaraan jarang dipakai atau terkena lembap.
Jangan panik dulu, starter motor yang ngadat sebenarnya bisa diatasi dengan langkah diagnosis sederhana dan perawatan ringan di rumah.
Dilansir dari 100 KPJ, Berikut panduan lengkap untuk mengenali penyebab dan cara memperbaiki starter motor Jupiter Z yang bandel.
1. Periksa Bendik Starter
Langkah pertama, cek komponen bendik starter (relay starter) yang terletak di bawah cover samping motor.
Bendik bertugas meneruskan arus listrik dari aki menuju dinamo starter. Jika terjadi kerusakan atau kabel longgar, arus tidak akan tersalur sempurna.
2. Tes Dinamo Starter
Lakukan pengecekan dinamo starter dengan menjumper pin besar bendik (hubungkan kabel aki langsung ke dinamo).
Jika dinamo berputar saat dijumper, artinya dinamo dalam kondisi baik. Jadi, sumber masalah starter motor Jupiter Z bukan di bagian ini.
3. Cek Jalur Kelistrikan
Periksa apakah arus 12 volt dari kunci kontak sampai ke bendik starter, serta arus massa dari tombol starter.
Gunakan test pen atau lampu sein bekas untuk memastikan tegangan hadir di kedua jalur. Bila salah satu jalur mati, kemungkinan kabel terputus atau konektor kendor.
4. Bersihkan Tombol Starter
Salah satu biang kerok paling sering adalah tombol starter yang kotor atau berkarat.
Bongkar tombol starter di setang, lalu semprotkan cairan penetran seperti WD-40 ke dalam rumah tombol.
Tekan-tekan tombol beberapa kali untuk membersihkan korosi dan memastikan kontak kembali normal.
Dengan langkah pemeriksaan dan perawatan ringan ini, Motor Yamaha Jupiter Z Anda akan kembali mudah dinyalakan di pagi hari.
Rawat selalu kelistrikan secara berkala agar motor selalu siap diajak berkendara kapan saja.