Bensin Boros dan Mesin Brebet? Begini Cara Ampuh Mengatasi Masalah Karburator Motor Supra yang Sering Terabaikan!

Mengatasi Masalah Karburator Motor Supra
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube/Belajar Mekanik Dari Nol

VIVA, BanyumasMotor Supra dikenal sebagai kendaraan yang irit dan tangguh, namun ada kalanya motor ini mengalami masalah seperti konsumsi bahan bakar yang boros, mesin brebet, dan kehilangan tenaga.

Cari Shock Breaker Empuk dan Stylish untuk Beat, Mio, atau Scoopy? DBS 310mm Solusinya!

Jika dibiarkan, kondisi ini dapat mengganggu kenyamanan berkendara dan mempercepat kerusakan komponen mesin.

Salah satu penyebab utama masalah ini adalah sistem karburator yang kotor dan tidak bekerja dengan optimal.

Dalam sebuah video tutorial, seorang mekanik dengan kanal akun YouTube Belajar Mekanik Dari Nol, menjelaskan langkah-langkah membersihkan karburator pada motor Supra Fit yang mengalami gejala tersebut.

Shock Breaker Harga Pelajar, Kualitas Sultan! Cuma 120 Ribuan Dapat Model Kekinian, Beneran Worth It?

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, di video kali ini saya akan membuat tutorial cara servis karburator untuk motor Supra Fit," ujarnya.

Saat motor dihidupkan, kondisi mesinnya tidak langsam dan bahan bakarnya boros. 

Untuk mengatasi hal ini, langkah pertama yang dilakukan adalah membuka cover body motor, melepas karburator, serta memeriksa berbagai komponen di dalamnya.

Komnas HAM Temui Bupati Purbalingga Membahas Vokalis Sukatani, Tegaskan Beri Perlindungan

Mekanik tersebut mengingatkan bahwa saat membuka bagian manipol menggunakan kunci 8, harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak komponen lainnya.

Setelah karburator dilepas, langkah berikutnya adalah membersihkan bagian dalamnya, terutama lubang-lubang venturi yang tersumbat.

"Di bagian karbunya ternyata untuk lubang-lubang venturinya yang menuju main jet dan pilot jet itu tersumbat, pantesan motor brebet dan bahan bakar pun boros karena kekurangan udara," jelasnya.

Untuk membersihkan bagian ini, digunakan obeng plus untuk melepas pelampung dan jarum pelampung, serta obeng min untuk membuka pilot jet dan main jet.

Proses pembersihan dilakukan dengan menggunakan bensin sebelum dilanjutkan dengan karburator cleaner.

"Sebelum menggunakan cleaner, kita gunakan bensin dulu, kemudian baru kita semprot dengan cleaner agar semua lubang-lubang kecil bersih dari kotoran," tambahnya.

Ia juga menekankan bahwa pada zaman dahulu karburator sering direbus untuk membersihkannya, namun metode ini kini sudah tidak umum digunakan karena karburator cleaner lebih efektif dalam membersihkan sisa-sisa kotoran.

Selain membersihkan karburator, mekanik juga memeriksa kondisi busi yang sudah gosong dan perlu diganti.

"Wah, ternyata businya sudah gosong seperti ini, ini wajib ganti supaya performa mesin lebih optimal," ujarnya.

Penggantian busi dilakukan dengan merek NGK yang dikenal memiliki performa baik. 

Selain itu, kop busi juga diperiksa karena jika longgar atau korosi, dapat menyebabkan mesin brebet akibat pengapian yang tidak stabil.

Setelah semua komponen dibersihkan dan dipasang kembali, motor kembali diuji coba. 

"Nah, sekarang motor sudah tidak brebet lagi, diblayer pun sudah enak. Penyebab utamanya tadi adalah lubang-lubang venturi yang tersumbat oleh kotoran," simpulnya.

Dari tutorial ini, dapat disimpulkan bahwa penyebab utama borosnya bahan bakar, mesin brebet, dan hilangnya tenaga pada motor Supra sering kali berasal dari karburator yang kotor serta komponen pengapian yang sudah usang.

Dengan melakukan perawatan rutin seperti pembersihan karburator dan penggantian busi jika diperlukan, performa motor dapat kembali optimal dan lebih hemat bahan bakar