Duel Shock Breaker: Ride It vs KTC! Mana yang Lebih Empuk, Fleksibel, dan Cocok untuk Perjalanan Jauh?

Duel Shock Breaker anatar Ride It vs KTC
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube/Ave Motor

VIVA, Banyumas – Dalam dunia otomotif, pemilihan shock breaker menjadi hal krusial bagi kenyamanan dan performa kendaraan. Dua merek yang cukup populer di pasaran adalah Ride It dan KTC.

Trik Gampang Bedakan Shock Breaker Tabung yang Masih Berfungsi atau Tidak, Cukup Pakai Obeng!

Keduanya menawarkan teknologi dan fitur yang berbeda, tetapi manakah yang lebih baik?

Dilansir dari kanal YouTube Ave Motor, berikut perbandingannya antara shock breaker Ride It dan KTC.

Cari Shock Depan Motor Empuk dan Tahan Lama? Ini Rekomendasi Terbaik 2025, Harga Mulai 300 Ribuan!

Sekilas, kedua shock ini memiliki tampilan yang hampir serupa. Dari segi warna dan bentuk, Ride It dan KTC sama-sama sudah menggunakan material full CNC, yang menjamin ketahanan dan kualitasnya.

Namun, jika diperhatikan lebih detail, terdapat perbedaan kecil pada finishing warna di antara keduanya.

Jangan Tertipu! Kenali Kualitas Oli Mesin dari Base Oil Group 1-5 Sebelum Membeli

Salah satu faktor penting dalam memilih shock breaker adalah rebound dan kompresi. 

Dalam pengujian, Ride It memiliki rebound maksimal hingga 18 klik, sedangkan KTC mampu mencapai 33 klik.

Ini menunjukkan bahwa KTC memiliki lebih banyak opsi penyetelan, yang memungkinkan pengguna untuk lebih leluasa dalam menyesuaikan karakteristik suspensi sesuai kebutuhan.

Dari segi kompresi, keduanya cukup mirip dengan kisaran 15–17 satuan. Namun, saat diuji lebih lanjut, Ride It terasa sedikit lebih keras dibandingkan KTC.

Ketika ditekan, KTC lebih mudah ditekan hingga hampir menyentuh dasar, sementara Ride It terasa lebih kaku.

Ini bisa menjadi pertimbangan bagi pengguna yang menginginkan suspensi lebih empuk.

Dalam kondisi stkamur, kedua shock ini memiliki performa yang cukup baik.

Namun, setelah dilakukan penyesuaian penuh ke arah kiri (rebound dan kompresi dikendurkan), Ride It masih terasa agak keras dan sulit ditekan, sedangkan KTC lebih fleksibel.

Sebaliknya, ketika disetel penuh ke kanan (dikencangkan), respons keduanya hampir serupa, dengan rebound yang lebih lambat untuk kestabilan maksimal.

Pilih yang Mana?

Jika Kamu mencari shock breaker dengan lebih banyak opsi penyetelan dan karakteristik lebih fleksibel, KTC bisa menjadi pilihan yang lebih baik.

Dengan jumlah klik rebound lebih banyak, pengguna bisa menyesuaikan suspensi sesuai preferensi.

Namun, jika Kamu lebih menyukai karakter shock yang lebih kaku dan solid, maka Ride It bisa menjadi opsi yang lebih cocok.

Semuanya kembali pada kebutuhan dan kenyamanan masing-masing pengendara.

Dengan demikian, baik Ride It maupun KTC memiliki keunggulan masing-masing. 

Pilihan terbaik tergantung pada preferensi berkendara dan medan yang sering dilalui. Semoga ulasan ini membantu Kamu dalam menentukan shock breaker yang paling sesuai