Usai Anjloknya KA Argo Bromo, Daop 5 Purwokerto Pulihkan Jadwal Kereta Lebih Cepat dari Prediksi Awal

PT KAI Daop 5 Purwokerto
Sumber :
  • Tim tvOne/Sonik Jatmiko

VIVA, Banyumas – Setelah sempat mengalami gangguan operasional akibat anjloknya KA Argo Bromo Anggrek di Stasiun Pegadenbaru, Kabupaten Subang, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi atau Daop 5 Purwokerto memastikan bahwa seluruh perjalanan kereta api kini kembali berjalan normal.

Warga Banyumas, Siap-siap! Karnaval Mobil Hias Akan Kembali Meriahkan Kotamu

Perjalanan kereta api penumpang maupun barang di wilayah Daop 5 pada Selasa, 5 Agustus 2025, antara pukul 12.00 hingga 18.00 WIB, telah berlangsung tepat waktu tanpa hambatan berarti.

Pemulihan ini menjadi bukti nyata keandalan koordinasi dan kesiapan tim operasional KAI Daop 5 dalam menangani insiden dengan cepat dan efisien.

Inovasi di Banyumas: Pelatihan Daya Saing dan Nilai Tambah Produk Pertanian Komoditas Kopi

Kepercayaan publik terhadap moda transportasi kereta api pun kembali diperkuat dengan pulihnya jadwal keberangkatan dan kedatangan yang tepat waktu di berbagai stasiun wilayah operasional Purwokerto dan sekitarnya.

Berdasarkan laporan operasional resmi, seluruh kereta api penumpang dan barang yang melintas maupun berangkat dari wilayah Daop 5 telah beroperasi sesuai jadwal.

Catat Tanggalnya! Festival Kuliner Banyumas 2025 Siap Manjakan Lidah dan Ada Hadiah Menarik

Keberangkatan KA Penumpang:

  • KA Kamandaka (194-195) dari Stasiun Cilacap pukul 13.05 WIB – tepat waktu
  • KA Prameks (504) dari Kutoarjo pukul 13.19 WIB – tepat waktu
  • KA Sawunggalih (115) dari Kutoarjo pukul 13.50 WIB – tepat waktu
  • KA Purwojaya (52) dari Cilacap pukul 14.15 WIB – tepat waktu
  • KA Wijaya Kusuma (158) dari Cilacap pukul 15.20 WIB – tepat waktu
  • KA Serayu (290) dari Purwokerto pukul 16.45 WIB – tepat waktu
  • KA Prameks (506) dari Kutoarjo pukul 16.50 WIB – tepat waktu
  • KA Sancaka Utara (236F) dari Cilacap pukul 17.10 WIB – tepat waktu
  • KA Joglosemarkerto (185) dari Purwokerto pukul 17.30 WIB – tepat waktu

Keberangkatan KA Barang:

  • KA Gamao Tanker (2610-2611) dari Maos pukul 16.13 WIB – awal 2 menit
  • Kedatangan KA Juga Berjalan Lancar

Tidak hanya keberangkatan, seluruh kedatangan kereta juga tercatat tepat waktu, mencerminkan stabilitas operasional yang telah kembali normal.

Kedatangan KA Penumpang:

  • KA Prameks (503) tiba di Kutoarjo pukul 12.49 WIB – tepat waktu
  • KA Sawunggalih (114) tiba di Kutoarjo pukul 12.50 WIB – tepat waktu
  • KA Joglosemarkerto (201) tiba di Cilacap pukul 13.28 WIB – tepat waktu
  • KA Kamandaka (184) tiba di Purwokerto pukul 15.28 WIB – tepat waktu
  • KA Sancaka Utara (235F) tiba di Cilacap pukul 15.58 WIB – tepat waktu
  • KA Prameks (505) tiba di Kutoarjo pukul 16.16 WIB – tepat waktu
  • KA Prameks (509) tiba di Kutoarjo pukul 17.20 WIB – tepat waktu
  • KA Kertanegara (167) tiba di Purwokerto pukul 17.22 WIB – tepat waktu

Kedatangan KA Barang:

  • KA Gamao Tanker (2618-2615) tiba di Maos pukul 15.49 WIB – tepat waktu
  • KA Karacibon Service (2718-2719) tiba di Karangtalun pukul 15.14 WIB – awal 166 menit
  • KAI Daop 5 Purwokerto Minta Maaf dan Beri Kompensasi

Menanggapi insiden yang terjadi pada 1 Agustus 2025, pihak KAI Daop 5 Purwokerto menyampaikan permohonan maaf kepada para pelanggan yang terdampak gangguan perjalanan.

"Hal ini menunjukkan proses pemulihan layanan yang cepat serta koordinasi yang baik antar wilayah operasional KAI," terang Humas KAI Daop 5 Purwokerto dalam keterangan tertulisnya.

Sebagai bentuk tanggung jawab, KAI memberikan pengembalian bea 100 persen (refund) untuk seluruh pelanggan yang terkena dampak.

Menariknya, masa pengajuan refund diperpanjang menjadi 7×24 jam sejak jadwal keberangkatan.

Tak hanya itu, KAI juga mempermudah proses pembatalan tiket. Mulai Senin, 4 Agustus 2025 pukul 14.00 WIB, pelanggan dapat mengajukan refund secara mandiri tanpa perlu datang ke loket stasiun.