2 Siswa SMAN 1 Rembang Ciptakan Game Mojes Adventure, Kenalkan Heroisme Jenderal Soedirman

Ilustrasi Ilyas dan Suci perkenalkan Mojes Adventure
Sumber :
  • pexel @pixabay

Ilyas dan Suci ciptakan Mojes Adventure, game edukatif Roblox mengenalkan heroisme Jenderal Soedirman sekaligus promosi wisata sejarah Bantarbarang

Belajar dari Dunia: 5 Negara dengan Program Makan Gratis Sekolah yang Bisa Jadi Inspirasi untuk Indonesia

Viva, Banyumas - Dua siswa kreatif dari SMAN 1 Rembang, Purbalingga, Jawa Tengah, yakni Ilyas Aditya dan Suci, berhasil menciptakan game edukatif berbasis Roblox bertajuk Mojes Adventure (Monumen Jenderal Soedirman Adventure).

Inovasi ini memadukan sejarah, teknologi, dan pariwisata, sekaligus mengenalkan heroisme Panglima Besar Jenderal Soedirman kepada generasi muda. Mojes Adventure menghadirkan misi petualangan interaktif yang terinspirasi dari kisah gerilya Jenderal Soedirman.

Tinjau MBG, Wabup Rembang Dapat Curhat Menu dari Para Siswa Diganti Mie Ayam dan Es Teh

Pemain diajak untuk memahami nilai-nilai keteladanan Sang Panglima, seperti keberanian, keteguhan, pengorbanan, dan semangat cinta Tanah Air.

Dengan gameplay yang seru dan visual yang menyerupai Monumen Jenderal Soedirman di Desa Bantarbarang, Mojes Adventure bukan hanya hiburan, tetapi juga media edukasi sejarah yang menyenangkan.

Geger! Dugaan Anak Polisi Pukul Guru SMA Negeri 1 Sinjai di Ruang BK Setelah Ditegur Sering Bolos

Karya Ilyas dan Suci ini juga menjadi media promosi wisata berbasis kearifan lokal. Pemain dapat mengenal langsung latar belakang sejarah desa Bantarbarang, tempat lahir Jenderal Soedirman, sekaligus menumbuhkan minat untuk berkunjung ke monumen dan destinasi wisata sejarah setempat.

Pendekatan ini sejalan dengan tren edutainment, yang menggabungkan pembelajaran dengan hiburan digital. Menurut Ilyas, ide Mojes Adventure lahir dari keinginan untuk membuat pembelajaran sejarah lebih menarik bagi generasi Z dan milenial.

Dikutip dari akun Instagram @infopurbalingga.id, Iyal mengatakan mereka ingin anak-anak muda bisa belajar tentang perjuangan Jenderal Soedirman sambil bermain, sehingga nilai-nilai kepahlawanan tetap hidup di era digital.

Suci menambahkan bahwa game ini juga mengajarkan strategi dan kerja sama, karena setiap misi menuntut pemain berpikir kritis untuk menyelesaikan tantangan.

Selain itu, pengenalan tempat bersejarah melalui game diharapkan meningkatkan kunjungan wisata lokal dan memperkuat identitas budaya daerah. Kepala SMAN 1 Rembang memberikan apresiasi tinggi terhadap inovasi siswa tersebut.

Menurutnya, Mojes Adventure menjadi contoh nyata bagaimana teknologi bisa dimanfaatkan untuk pendidikan dan promosi budaya. Prestasi ini juga membuka peluang bagi siswa lain untuk mengeksplorasi kreativitas melalui game development berbasis edukasi.

Dengan Mojes Adventure, Ilyas dan Suci membuktikan bahwa generasi muda mampu menggabungkan teknologi, pendidikan, dan wisata secara inovatif. Game ini tidak hanya menyenangkan, tetapi juga membangun kesadaran sejarah dan patriotisme di kalangan pemain, sekaligus mendukung promosi pariwisata lokal di Jawa Tengah