Khusus Jepang! Yamaha XSR900 2025 Hadir dengan Warna Baru yang Tidak Ada di Negara Lain, Berapa Harganya?

Yamaha XSR900 2025 Edisi Jepang
Sumber :
  • greatbiker

VIVA, Banyumas – Yamaha Motorcycle Japan baru-baru ini mengumumkan kehadiran model terbaru XSR900 di pasar domestik setelah sebelumnya meluncur di Eropa pada akhir tahun lalu.

Model ini termasuk dalam jajaran "Sports Heritage" Yamaha, yang menawarkan desain klasik dengan sentuhan modern.

Menariknya, untuk pasar Jepang, Yamaha menghadirkan varian khusus yang hanya dijual secara eksklusif di negara tersebut.

Yamaha XSR900 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 sebagai motor neo-klasik yang berbasis dari model hyper-naked MT-09.

Dengan desain retro yang dipadukan dengan teknologi mutakhir, motor ini berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti "Cycle World's Best Middleweight Street Bike" dan "Good Design Award" dari G-Mark di tahun yang sama.

Kini, model ini telah memasuki generasi ketiga, yang kemungkinan menjadi iterasi terakhir sebelum Yamaha menghadirkan perubahan signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk model tahun 2025, Yamaha XSR900 tetap mempertahankan desain ikoniknya dengan sedikit penyempurnaan pada beberapa aspek.

Motor ini masih mengkamulkan mesin tiga silinder 890cc yang sama seperti yang digunakan pada MT-09 dan YZF-R9.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 117,3 bhp pada 10.000 rpm serta torsi 68,6 Ib ft pada 7.000 rpm, dan telah memenuhi stkamur emisi Euro5+ yang lebih ketat.

Dari segi rangka, XSR900 2025 menggunakan struktur Diamond-Frame yang kokoh dan tetap mempertahankan sistem suspensi depan upside-down 41 mm yang dapat disesuaikan untuk preload dan rebound.

Suspensi belakangnya juga tetap menggunakan sistem Link-Type dengan peredam kejut tunggal yang terhubung ke lengan ayun.

Sektor pengereman diperkuat dengan cakram gkamu 298 mm di bagian depan dengan kaliper 4 port dari Brembo, sementara cakram belakang berukuran 245 mm dengan kaliper 2 port.

Motor ini juga masih menggunakan velg 17 inci dengan kombinasi ban depan 120/70-17 dan belakang 180/55-17.

Salah satu pembaruan terbesar untuk model 2025 terletak pada perlengkapan elektroniknya.

Yamaha kini membekali XSR900 dengan layar TFT berukuran 5 inci yang menggantikan layar LCD 3,5 inci sebelumnya. Selain itu, varian "edisi terbatas Jepang" akan tersedia dalam tiga pilihan warna eksklusif, yaitu Silky White, Black Metallic X, dan Ceramic Ivory.

Warna-warna ini hanya akan tersedia untuk pasar Jepang, membuatnya lebih eksklusif dibandingkan model stkamur.

Dari segi harga, Yamaha XSR900 2025 varian stkamur dibanderol seharga 1.320.000 yen atau sekitar Rp 145 jutaan.

Sementara itu, model "edisi terbatas Jepang" dipasarkan dengan harga 1.353.000 yen, yang setara dengan sekitar Rp 149 jutaan.

Dengan kombinasi desain klasik, teknologi modern, dan eksklusivitas, Yamaha XSR900 edisi terbatas ini diprediksi akan menjadi buruan para kolektor dan pecinta otomotif di Jepang

VIVA, Banyumas – Yamaha Motorcycle Japan baru-baru ini mengumumkan kehadiran model terbaru XSR900 di pasar domestik setelah sebelumnya meluncur di Eropa pada akhir tahun lalu.

Model ini termasuk dalam jajaran "Sports Heritage" Yamaha, yang menawarkan desain klasik dengan sentuhan modern.

Menariknya, untuk pasar Jepang, Yamaha menghadirkan varian khusus yang hanya dijual secara eksklusif di negara tersebut.

Yamaha XSR900 pertama kali diperkenalkan pada tahun 2016 sebagai motor neo-klasik yang berbasis dari model hyper-naked MT-09.

Dengan desain retro yang dipadukan dengan teknologi mutakhir, motor ini berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti "Cycle World's Best Middleweight Street Bike" dan "Good Design Award" dari G-Mark di tahun yang sama.

Kini, model ini telah memasuki generasi ketiga, yang kemungkinan menjadi iterasi terakhir sebelum Yamaha menghadirkan perubahan signifikan dalam beberapa tahun mendatang.

Untuk model tahun 2025, Yamaha XSR900 tetap mempertahankan desain ikoniknya dengan sedikit penyempurnaan pada beberapa aspek.

Motor ini masih mengkamulkan mesin tiga silinder 890cc yang sama seperti yang digunakan pada MT-09 dan YZF-R9.

Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 117,3 bhp pada 10.000 rpm serta torsi 68,6 Ib ft pada 7.000 rpm, dan telah memenuhi stkamur emisi Euro5+ yang lebih ketat.

Dari segi rangka, XSR900 2025 menggunakan struktur Diamond-Frame yang kokoh dan tetap mempertahankan sistem suspensi depan upside-down 41 mm yang dapat disesuaikan untuk preload dan rebound.

Suspensi belakangnya juga tetap menggunakan sistem Link-Type dengan peredam kejut tunggal yang terhubung ke lengan ayun.

Sektor pengereman diperkuat dengan cakram gkamu 298 mm di bagian depan dengan kaliper 4 port dari Brembo, sementara cakram belakang berukuran 245 mm dengan kaliper 2 port.

Motor ini juga masih menggunakan velg 17 inci dengan kombinasi ban depan 120/70-17 dan belakang 180/55-17.

Salah satu pembaruan terbesar untuk model 2025 terletak pada perlengkapan elektroniknya.

Yamaha kini membekali XSR900 dengan layar TFT berukuran 5 inci yang menggantikan layar LCD 3,5 inci sebelumnya. Selain itu, varian "edisi terbatas Jepang" akan tersedia dalam tiga pilihan warna eksklusif, yaitu Silky White, Black Metallic X, dan Ceramic Ivory.

Warna-warna ini hanya akan tersedia untuk pasar Jepang, membuatnya lebih eksklusif dibandingkan model stkamur.

Dari segi harga, Yamaha XSR900 2025 varian stkamur dibanderol seharga 1.320.000 yen atau sekitar Rp 145 jutaan.

Sementara itu, model "edisi terbatas Jepang" dipasarkan dengan harga 1.353.000 yen, yang setara dengan sekitar Rp 149 jutaan.

Dengan kombinasi desain klasik, teknologi modern, dan eksklusivitas, Yamaha XSR900 edisi terbatas ini diprediksi akan menjadi buruan para kolektor dan pecinta otomotif di Jepang