Andai Yamaha Nouvo Tak Disuntik Mati, Apakah Bisa Mengalahkan Vario? Ini Alasannya!
- Tangkapan Layar YouTube/MOTO Z
VIVA, Banyumas – Yamaha Nouvo adalah salah satu motor skutik legendaris yang pernah mengaspal di Indonesia.
Motor ini memiliki sejarah panjang sebagai pelopor skuter matik Yamaha di Tanah Air.
Namun, kurangnya respons positif dari pasar membuatnya harus disuntik mati lebih awal.
Yang menarik, generasi terakhir dari Yamaha Nouvo yang sempat diluncurkan di Vietnam dengan nama Yamaha Nouvo SX hadir dengan desain dan fitur yang lebih canggih.
Andai saja Yamaha Indonesia tak buru-buru menghentikan produksi Nouvo, mungkin ceritanya akan berbeda.
Dilansir dari YouTube MOTO Z, Yamaha Nouvo SX pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 di Vietnam dengan membawa perubahan signifikan dari versi sebelumnya.
Motor ini hadir dalam tiga varian, yaitu Nouvo SX Standar, Nouvo SX RC, dan Nouvo SX GP.
Dari segi desain, Yamaha benar-benar meningkatkan tampilannya menjadi lebih modern dan sporty.
Motor ini tetap mempertahankan bodi yang sedikit bongsor dengan double shock di belakang, serta deck yang tidak rata—karakteristik khas Yamaha Nouvo.
Beberapa fitur canggih juga disematkan pada Yamaha Nouvo SX.
Salah satu fitur unggulannya adalah lampu depan yang sudah menggunakan teknologi proyektor, sebuah inovasi yang cukup langka untuk skuter matik pada saat itu.
Selain itu, bagasi penyimpanan Yamaha Nouvo SX juga sangat luas, mampu menampung sebuah helm full face, menjadikannya lebih praktis dibandingkan generasi sebelumnya.
Panel speedometer pada Yamaha Nouvo SX juga tampil modern dengan perpaduan analog dan digital yang menarik.
Bahkan, motor ini dilengkapi dengan fitur Answer Back System, yang tidak hanya berfungsi untuk menemukan motor di parkiran, tetapi juga bisa membuka penutup kunci secara otomatis menggunakan remote.
Performa Mesin yang Andal
Di sektor dapur pacu, Yamaha membekali Nouvo SX dengan mesin 4-tak berkapasitas 125cc SOHC 2-klep berpendingin cairan dan sistem injeksi YMJET-FI.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 10,45 hp pada 8.000 RPM serta torsi puncak 10,5 Nm pada 6.000 RPM.
Kombinasi ini memberikan performa yang cukup responsif di kelasnya.
Sektor kaki-kaki Yamaha Nouvo SX juga sedikit berbeda dibandingkan skutik modern saat ini.
Motor ini menggunakan velg berukuran 16 inci yang memberikan handling lebih stabil, serta sistem pengereman yang mengandalkan cakram di depan dan tromol di belakang.
Mengapa Yamaha Nouvo SX Tak Masuk ke Indonesia?
Meskipun Yamaha Nouvo SX memiliki desain dan fitur yang lebih modern, Yamaha Indonesia pada saat itu tidak membawanya ke pasar Tanah Air.
Alasannya cukup masuk akal. Dari segi harga, Nouvo SX saat itu dibanderol sekitar 22 jutaan di Vietnam, dan jika diproduksi di Indonesia, biayanya akan jauh lebih tinggi dibandingkan skutik lainnya.
Dengan harga yang sulit bersaing, terutama dengan Honda Vario yang lebih diminati, Yamaha memutuskan untuk tidak memasarkan Nouvo SX di Indonesia.
Selain itu, selera pasar Indonesia lebih condong ke skutik dengan deck rata yang lebih fungsional, berbeda dengan Nouvo SX yang memiliki desain dek tidak rata.
Jika Yamaha ingin memasukkan model dengan konsep serupa, mereka harus membidiknya sebagai Maxi Skutik agar lebih sesuai dengan tren saat ini.
Yamaha Nouvo SX, Motor yang Kini Jadi Buruan Kolektor
Seiring waktu, Yamaha Nouvo kembali populer di kalangan kolektor motor.
Desainnya yang unik dan statusnya sebagai pionir skuter matik Yamaha di Indonesia membuatnya memiliki nilai historis tersendiri.
Andai saja Yamaha tidak buru-buru menghentikan produksinya dan justru menghadirkan Nouvo dengan fitur yang lebih modern, mungkin motor ini bisa bersaing dengan skutik lainnya di pasaran saat ini
VIVA, Banyumas – Yamaha Nouvo adalah salah satu motor skutik legendaris yang pernah mengaspal di Indonesia.
Motor ini memiliki sejarah panjang sebagai pelopor skuter matik Yamaha di Tanah Air.
Namun, kurangnya respons positif dari pasar membuatnya harus disuntik mati lebih awal.
Yang menarik, generasi terakhir dari Yamaha Nouvo yang sempat diluncurkan di Vietnam dengan nama Yamaha Nouvo SX hadir dengan desain dan fitur yang lebih canggih.
Andai saja Yamaha Indonesia tak buru-buru menghentikan produksi Nouvo, mungkin ceritanya akan berbeda.
Dilansir dari YouTube MOTO Z, Yamaha Nouvo SX pertama kali diperkenalkan pada tahun 2013 di Vietnam dengan membawa perubahan signifikan dari versi sebelumnya.
Motor ini hadir dalam tiga varian, yaitu Nouvo SX Standar, Nouvo SX RC, dan Nouvo SX GP.
Dari segi desain, Yamaha benar-benar meningkatkan tampilannya menjadi lebih modern dan sporty.
Motor ini tetap mempertahankan bodi yang sedikit bongsor dengan double shock di belakang, serta deck yang tidak rata—karakteristik khas Yamaha Nouvo.
Beberapa fitur canggih juga disematkan pada Yamaha Nouvo SX.
Salah satu fitur unggulannya adalah lampu depan yang sudah menggunakan teknologi proyektor, sebuah inovasi yang cukup langka untuk skuter matik pada saat itu.
Selain itu, bagasi penyimpanan Yamaha Nouvo SX juga sangat luas, mampu menampung sebuah helm full face, menjadikannya lebih praktis dibandingkan generasi sebelumnya.
Panel speedometer pada Yamaha Nouvo SX juga tampil modern dengan perpaduan analog dan digital yang menarik.
Bahkan, motor ini dilengkapi dengan fitur Answer Back System, yang tidak hanya berfungsi untuk menemukan motor di parkiran, tetapi juga bisa membuka penutup kunci secara otomatis menggunakan remote.
Performa Mesin yang Andal
Di sektor dapur pacu, Yamaha membekali Nouvo SX dengan mesin 4-tak berkapasitas 125cc SOHC 2-klep berpendingin cairan dan sistem injeksi YMJET-FI.
Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum 10,45 hp pada 8.000 RPM serta torsi puncak 10,5 Nm pada 6.000 RPM.
Kombinasi ini memberikan performa yang cukup responsif di kelasnya.
Sektor kaki-kaki Yamaha Nouvo SX juga sedikit berbeda dibandingkan skutik modern saat ini.
Motor ini menggunakan velg berukuran 16 inci yang memberikan handling lebih stabil, serta sistem pengereman yang mengandalkan cakram di depan dan tromol di belakang.
Mengapa Yamaha Nouvo SX Tak Masuk ke Indonesia?
Meskipun Yamaha Nouvo SX memiliki desain dan fitur yang lebih modern, Yamaha Indonesia pada saat itu tidak membawanya ke pasar Tanah Air.
Alasannya cukup masuk akal. Dari segi harga, Nouvo SX saat itu dibanderol sekitar 22 jutaan di Vietnam, dan jika diproduksi di Indonesia, biayanya akan jauh lebih tinggi dibandingkan skutik lainnya.
Dengan harga yang sulit bersaing, terutama dengan Honda Vario yang lebih diminati, Yamaha memutuskan untuk tidak memasarkan Nouvo SX di Indonesia.
Selain itu, selera pasar Indonesia lebih condong ke skutik dengan deck rata yang lebih fungsional, berbeda dengan Nouvo SX yang memiliki desain dek tidak rata.
Jika Yamaha ingin memasukkan model dengan konsep serupa, mereka harus membidiknya sebagai Maxi Skutik agar lebih sesuai dengan tren saat ini.
Yamaha Nouvo SX, Motor yang Kini Jadi Buruan Kolektor
Seiring waktu, Yamaha Nouvo kembali populer di kalangan kolektor motor.
Desainnya yang unik dan statusnya sebagai pionir skuter matik Yamaha di Indonesia membuatnya memiliki nilai historis tersendiri.
Andai saja Yamaha tidak buru-buru menghentikan produksinya dan justru menghadirkan Nouvo dengan fitur yang lebih modern, mungkin motor ini bisa bersaing dengan skutik lainnya di pasaran saat ini