Battle Suzuki Fronx di 3 Negara! Mana yang Paling Keren?

Suzuki Fronx Siap Meluncur di Pasar Indonesia
Sumber :
  • suzuki.co.id

VIVA, Banyumas – Duel tiga negara kini mewarnai persaingan SUV kompak: Indonesia, India, dan Jepang menghadirkan varian Suzuki Fronx dengan karakteristik unik masing-masing.

Fakta Mengejutkan Uji Tabrak Suzuki Fronx: Kenapa Mobil Ini Jadi Andalan Keselamatan di Pasar Indonesia?

Dari perakitan lokal berfitur ADAS di Indonesia hingga mesin Boosterjet turbo di India dan teknologi canggih AWD di Jepang, Suzuki Fronx siapa yang paling unggul?

Berikut perbedaan desain, kenyamanan, fitur keselamatan, dan performa untuk menentukan varian Suzuki Fronx terbaik di pasar global.

Bocor! Chery Siapkan 4 Sub-Brand Sekaligus, Ada SUV 7 Penumpang Baru yang Bakal Gegerkan Pasar Indonesia!

Desain Eksterior

Secara garis besar, Suzuki Fronx Indonesia dan India tampil nyaris identik dengan roof rail dan pola velg empat baut.

Jangan Khawatir saat Pakai Suzuki Fronx di Tanjakan! Ternyata Punya Fitur Keselamatan Canggih ini

Perbedaannya terletak pada warna velg: dua-tone di India untuk tipe atas, sedangkan di Indonesia dua-tone untuk tipe menengah ke bawah.

Sementara itu, varian Jepang meniadakan roof rail agar dapat masuk garasi rendah dan mengadopsi velg lima baut demi stabilitas bermanuver.

Kabin dan Kenyamanan

Di dalam kabin, ketiga Suzuki Fronx mengusung dashboard serupa untuk memudahkan pengembangan platform.

Namun, versi Indonesia dan Jepang tampak lebih mewah berkat balutan kulit pada jok dan panel pintu.

Sebaliknya, Fronx India masih mengandalkan fabric, termasuk pada varian tertinggi.

Untuk penumpang baris kedua, Indonesia dan India unggul dengan ventilasi AC, sedangkan Jepang menawarkan lantai bagasi dua level untuk pelipatan jok yang rata lantai.

Fitur Keselamatan dan Teknologi

Ketiga varian Suzuki Fronx sudah dilengkapi 6 airbags, ABS, VSC, HUD, kamera 360°, auto wiper, dan auto headlamp.

Namun, Indonesia dan Jepang membawa fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) pertama kali di lini Suzuki Indonesia—15 sensor yang mampu membantu pengereman darurat, adaptive cruise control, dan lane keep assist.

Varian Jepang bertambah lengkap dengan mode berkendara dan rem tangan elektrik.

Performa Mesin

Di India, Suzuki Fronx mengandalkan mesin 1.0L Boosterjet turbo yang menyemburkan 98,7 bhp dan torsi 147,6 Nm, ideal bagi yang mencari respons turbocharged.

Indonesia dan Jepang mengusung mesin 1.5L K15 dengan teknologi mild hybrid—varian tertinggi K15C menghasilkan sekitar 100 hp, sedangkan K15B pada tipe terendah Indonesia menelurkan 104 hp dan torsi 138 Nm.

Jepang bahkan menawarkan opsi AWD untuk traksi maksimal di berbagai kondisi jalan.

Kesimpulan

Dari sisi fitur dan teknologi, Suzuki Fronx Jepang memimpin dengan paket terlengkap dan opsi AWD.

Versi Indonesia menempati posisi tengah: perakitan lokal yang mengusung ADAS dan interior premium, sangat cocok bagi konsumen yang mengutamakan keamanan dan kenyamanan modern.

Sementara itu, varian India layak bagi mereka yang mendambakan sensasi turbo dengan harga lebih terjangkau, meski kompromi pada material kabin dan fitur kenyamanan.

Dengan tiga pilihan ini, Suzuki Fronx membuktikan fleksibilitas desain dan teknologi global—pilih sesuai kebutuhan dan gaya berkendara Anda