Suzuki RGR 150, Motor Sport 90-an yang Ternyata Masih Menggoda Hati Penggemar Setia hingga Kini!

suzuki rgr
Sumber :
  • Bang Rossi

VIVA, Banyumas - Buat kamu yang tumbuh di dekade 90-an, pasti nggak asing lagi dengan Suzuki RGR 150. Motor sport legendaris ini jadi idola bagi banyak anak muda pada masanya. Dengan tampilan full fairing yang sporty dan suspensi monosok, Suzuki RGR menjadi salah satu motor yang paling dicari di Indonesia.

KTM RC 200 2025 Rilis Warna Baru yang Kece Abis, Tapi Ada Fakta Mengejutkan di Baliknya!

1.       Desain Sporty yang Memikat

Suzuki RGR 150 hadir dengan desain full fairing yang sporty, memberikan kesan agresif dan keren. Dibandingkan dengan pesaingnya, Suzuki RGR 150 menawarkan pilihan lebih terjangkau dengan desain yang nggak kalah menawan. Pada saat itu, motor sport dengan fairing adalah pilihan utama bagi banyak pengendara muda.

Motor Listrik Suzuki e Access Akhirnya Dirilis, Bisa Ngebut dan Jarak Tempuhnya Bikin Motor Bensin Tersingkir!

2.       Mesin 2-Tak Bertenaga

Salah satu alasan mengapa Suzuki RGR 150 sangat digemari adalah karena mesinnya yang bertenaga. Dengan mesin 2-tak berkapasitas 150 cc, motor ini mampu menghasilkan tenaga 26 PS di 9.500 rpm dan torsi 20,5 Nm di 8.000 rpm. Mesin ini menggunakan teknologi SIPC (Suzuki Intake Pulse Control) dan SSS (Suzuki Super Scavenging System), yang membuatnya semakin kencang dan responsif. Top speed yang mampu dicapai mencapai 160 km/jam, menjadikannya pilihan tepat untuk balapan di jalan raya.

Harga Fantastis, Kecepatan Gila! 5 Motor Ini Cuma Bisa Dikendarai Mereka yang Berani Tantang Batas

3.       Suspensi Monosok yang Menjanjikan Performa Optimal

Meski dibandingkan dengan pesaingnya, Suzuki RGR 150 mungkin kalah dalam beberapa fitur, tetapi pada sektor kaki-kaki, motor ini tidak kalah unggul. Dengan suspensi belakang monosok, Suzuki RGR 150 dilengkapi dengan sistem Excentric Full Floater Suspension System (EFFSS) yang memberikan kenyamanan dan kestabilan saat berkendara. Suspensi ini sangat cocok untuk pengendara yang sering menuntut performa tinggi.

4.       Model Suzuki RGR 150: Dari Sprinter hingga Tornado

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1990 hingga 2000, Suzuki RGR 150 mengalami berbagai perubahan. Pada generasi pertama, motor ini dikenal dengan nama Suzuki RGR150 Sprinter, yang memiliki desain bodi belakang mirip dengan Suzuki Sprinter.

Selanjutnya, di tahun 1993, hadir model Suzuki RGR150 Crystal dengan desain full fairing yang lebih modern. Terakhir, pada tahun 1995, lahir Suzuki RGR150 Tornado, dengan desain bodi belakang yang lebih membulat dan pilihan warna yang lebih mencolok.

Suzuki RGR 150 memang sudah menjadi bagian dari sejarah motor sport di Indonesia. Meski kini sudah tidak diproduksi lagi, kenangan akan performa dan desainnya yang keren tetap terjaga dalam ingatan para penggemarnya.