Nmax Turbo: Harga Selangit, Sparepart Pun Tak Terjangkau? Apakah Motor Ini Overpriced di Segala Aspek?

Yamaha Nmax Turbo
Sumber :
  • Tangkapan Layar YouTube/FUSE BOX MOTO

VIVA, Banyumas – Dalam dunia otomotif, kehadiran Yamaha Nmax Turbo menjadi perbincangan hangat.

Gila Jadi Pesaing Yamaha R9? Hadir dengan Spesifikasi Mumpuni, Ternyata Harganya Hanya Rp...

Motor matic premium ini hadir dengan teknologi terbaru, salah satunya adalah Y-CVT, yang sebelumnya tidak ada di motor matic 150 cc.

Kehadiran fitur riding mode dan desain modern membuatnya begitu diminati, bahkan banyak konsumen rela inden untuk mendapatkan unitnya.

Jangan Panik! Begini Cara Simpel Atasi Kerusakan Motor Usai Kena BBM Oplosan Tanpa Perlu Ke Bengkel

Namun, seiring dengan banderol harga yang tinggi, muncul pertanyaan apakah harga sparepartnya juga ikut melambung?

Dilansir dari kanal YouTube FUSE BOX MOTO, berikut ulasannya.

Motor Listrik Lokal Paling Murah! Maka Cavarly Hadir di IIMS 2025, Bisa Dicas Hanya 1,5 Jam

Harga Sparepart Nmax Turbo, Wajar atau Kemahalan?

Membeli motor baru sering kali membuat kita melupakan satu aspek penting, harga sparepart.

Untuk motor konvensional, harga suku cadang biasanya stabil dan relatif terjangkau. 

Namun, untuk motor dengan teknologi terbaru seperti Nmax Turbo, situasinya sedikit berbeda.

Sebagai contoh, beberapa komponen pada sistem Y-CVT ternyata masih memiliki harga yang mirip dengan generasi sebelumnya.

V-belt Y-CVT di Nmax Turbo masih berkisar di angka Rp141.000, dan pulley kipasnya juga seharga Rp2.000-an.

Namun, begitu menyentuh komponen yang lebih spesifik, seperti pulley roller, perbedaan harga menjadi sangat mencolok.

Pada generasi sebelumnya, pulley roller hanya Rp12.000, tetapi di Nmax Turbo bisa mencapai Rp1,5 juta!

Hal ini disebabkan oleh teknologi tambahan yang berkaitan dengan sistem elektronik.

Komponen lain seperti sliding screw dan fix screw masing-masing dibanderol Rp420.000 dan Rp445.000. Kemudian, ada juga cemcom, komponen yang menandai posisi pulley, dengan harga Rp200.000.

Sementara itu, sensor kecepatan pulley belakang dijual Rp149.000.

Jika ditotal, harga seluruh sparepart Y-CVT bisa mencapai lebih dari Rp3 juta. Cukup mahal, bukan?

Komponen Lainnya Tak Kalah Mahal

Selain sistem Y-CVT, beberapa komponen lainnya juga memiliki harga yang cukup tinggi. Sebut saja speedometer Nmax Turbo yang dijual dengan harga Rp4,5 juta.

Meski jarang rusak, namun jika mengalami masalah, biaya penggantian tentu cukup menguras kantong.

Headlamp Nmax Turbo juga menjadi sorotan. Dengan tampilan futuristik dan pencahayaan LED, harganya mencapai Rp2.130.000, hampir setara dengan harga headlamp mobil standar.

Lampu belakangnya pun masih tergolong mahal, dijual seharga Rp895.000. Di sisi lain, Aerox Alpha Turbo juga mengalami kondisi serupa, dengan harga sparepart yang mirip.

Apakah Nmax Turbo Overpriced?

Melihat banderol harga unit yang mencapai puluhan juta rupiah dan harga sparepart yang tergolong tinggi, wajar jika muncul anggapan bahwa Nmax Turbo terbilang overpriced.

Namun, Yamaha sendiri tampaknya telah mendeklarasikan bahwa motor dengan turbo adalah kategori premium, bukan sekadar motor matic biasa.

Hal ini terlihat dari material, fitur, hingga teknologi yang disematkan.

Bagi pengguna yang merasa harga sparepartnya terlalu mahal, ada alternatif menggunakan part aftermarket.

Namun, untuk saat ini, part aftermarket untuk Y-CVT masih sangat terbatas.

Seiring waktu, aftermarket kemungkinan akan menawarkan solusi lebih terjangkau, kecuali untuk komponen tertentu seperti speedometer yang hampir mustahil digantikan oleh produk non-orisinal