Bunyi Kasar di Yamaha NMax Bikin Risih? Cek Bearing Noken As dan Gunakan Trik Ini Agar Suara Mesin Kembali Halus!
- Tangkapan Layar YouTube/Belajar Mekanik Dari Nol
VIVA, Banyumas – Motor Yamaha NMax dikenal sebagai skuter matik premium yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun harian.
Namun, tidak jarang pemiliknya mengeluhkan suara kasar atau ngeresek yang muncul dari bagian mesin.
Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah kondisi bearing noken as yang sudah aus atau menggunakan kualitas bearing yang kurang baik.
Salah satu komponen yang sering menyebabkan suara kasar pada Yamaha NMax adalah bearing noken as.
Ketika bearing mengalami keausan, suara gesekan akan semakin terdengar dan mengganggu kenyamanan berkendara.
"Oke Guys, kita tutorialkan ya cara mengganti bearing noken as Yamaha NMax. Yang kecilnya dulu kita ambil menggunakan tracker ya, tracker dari grip on langsung kita pasang guys, nah oke udah masuk. Ini salah satu penyebab bunyi kasar di motor Yamaha NMax ya, bearing kecil dan bearing besarnya ini," jelas seorang mekanik dilansir banyumas.viva.co.id dalam sebuah tutorial dengan akun YouTube Belajar Mekanik Dari Nol pada Kamis (6/3/2025).
Saat melakukan penggantian bearing, sebaiknya menggunakan produk dengan kualitas yang baik.
Pilihan terbaik adalah bearing original atau merek ternama seperti Koyo, NSK, atau SKF.
Penggunaan bearing tanpa merek atau kualitas rendah dapat menyebabkan suara kasar tetap muncul meskipun sudah diganti dengan yang baru.
"Ini udah diganti sebenarnya ya, ini udah diganti baru, ini juga baru, tapi masih kasar guys. Nah ini penyebabnya nih, tuh masih kasar karena ini bearingnya bearing lokal ya, tanpa merek bagus. Minimal pakai Koyo ataupun orsinil ya guys 6906-6001, pakai Koyo, pakai bearingnya yang bagus, jangan yang jelek, jangan yang murahan ya guys supaya tidak kasar," tambahnya.
Saat mengganti bearing noken as, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Salah satunya adalah sistem pelumasan pada Yamaha NMax yang berbeda dari motor lainnya.
Tidak ada jalur oli langsung dari blok head menuju bearing noken as, sehingga suplai oli berasal dari bagian atas.
"Nah guys, untuk Yamaha NMax sendiri tidak terbuat jalur oli untuk melumasi bearing noken as ya, bukan dari blok head-nya. Tuh di sini buntu, tidak ada lubang, tidak ada lubang apapun ya. Nah pelumasannya dari mana? Jadi dari sini yang dari bawah, dia masuk ke kopnya ini nih, nah masuk ke sini nanti keluar dari sini ya," jelasnya lebih lanjut.
Sebelum memasang bearing baru, pastikan oli bisa mengalir dengan lancar agar pelumasan tetap optimal.
Proses pemasangannya bisa dilakukan dengan memanaskan bearing dan mengetuknya perlahan menggunakan kunci shock 19 agar masuk dengan rata.
"Oke langsung kita pasang dengan cara dipanaskan pakai tang sning bantuan, kemudian kita pukul sedikit guys pakai kunci shock 19 ya. Nah guys sampai masuk segitu, nah rata tuh rata guys. Nah dia nanti pelumasan bearingnya dari sini ya, turun ke bawah masuk ke sini," katanya
VIVA, Banyumas – Motor Yamaha NMax dikenal sebagai skuter matik premium yang nyaman digunakan untuk perjalanan jarak jauh maupun harian.
Namun, tidak jarang pemiliknya mengeluhkan suara kasar atau ngeresek yang muncul dari bagian mesin.
Salah satu penyebab utama dari masalah ini adalah kondisi bearing noken as yang sudah aus atau menggunakan kualitas bearing yang kurang baik.
Salah satu komponen yang sering menyebabkan suara kasar pada Yamaha NMax adalah bearing noken as.
Ketika bearing mengalami keausan, suara gesekan akan semakin terdengar dan mengganggu kenyamanan berkendara.
"Oke Guys, kita tutorialkan ya cara mengganti bearing noken as Yamaha NMax. Yang kecilnya dulu kita ambil menggunakan tracker ya, tracker dari grip on langsung kita pasang guys, nah oke udah masuk. Ini salah satu penyebab bunyi kasar di motor Yamaha NMax ya, bearing kecil dan bearing besarnya ini," jelas seorang mekanik dilansir banyumas.viva.co.id dalam sebuah tutorial dengan akun YouTube Belajar Mekanik Dari Nol pada Kamis (6/3/2025).
Saat melakukan penggantian bearing, sebaiknya menggunakan produk dengan kualitas yang baik.
Pilihan terbaik adalah bearing original atau merek ternama seperti Koyo, NSK, atau SKF.
Penggunaan bearing tanpa merek atau kualitas rendah dapat menyebabkan suara kasar tetap muncul meskipun sudah diganti dengan yang baru.
"Ini udah diganti sebenarnya ya, ini udah diganti baru, ini juga baru, tapi masih kasar guys. Nah ini penyebabnya nih, tuh masih kasar karena ini bearingnya bearing lokal ya, tanpa merek bagus. Minimal pakai Koyo ataupun orsinil ya guys 6906-6001, pakai Koyo, pakai bearingnya yang bagus, jangan yang jelek, jangan yang murahan ya guys supaya tidak kasar," tambahnya.
Saat mengganti bearing noken as, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
Salah satunya adalah sistem pelumasan pada Yamaha NMax yang berbeda dari motor lainnya.
Tidak ada jalur oli langsung dari blok head menuju bearing noken as, sehingga suplai oli berasal dari bagian atas.
"Nah guys, untuk Yamaha NMax sendiri tidak terbuat jalur oli untuk melumasi bearing noken as ya, bukan dari blok head-nya. Tuh di sini buntu, tidak ada lubang, tidak ada lubang apapun ya. Nah pelumasannya dari mana? Jadi dari sini yang dari bawah, dia masuk ke kopnya ini nih, nah masuk ke sini nanti keluar dari sini ya," jelasnya lebih lanjut.
Sebelum memasang bearing baru, pastikan oli bisa mengalir dengan lancar agar pelumasan tetap optimal.
Proses pemasangannya bisa dilakukan dengan memanaskan bearing dan mengetuknya perlahan menggunakan kunci shock 19 agar masuk dengan rata.
"Oke langsung kita pasang dengan cara dipanaskan pakai tang sning bantuan, kemudian kita pukul sedikit guys pakai kunci shock 19 ya. Nah guys sampai masuk segitu, nah rata tuh rata guys. Nah dia nanti pelumasan bearingnya dari sini ya, turun ke bawah masuk ke sini," katanya