Bikin Bingung! Vario Techno 110 Nyala Saat Distarter Tapi Mati Saat Digas? Ini Biang Keladinya yang Jarang Disadari!

Honda Vario Techno 110
Sumber :
  • olx

VIVA, Banyumas – Vario Techno 110 merupakan salah satu motor skutik andalan Honda yang terkenal irit, nyaman, dan tangguh.

Honda Vario Techno 110 banyak digunakan untuk aktivitas harian karena keandalannya dalam berbagai kondisi jalan.

Namun, seiring usia pemakaian, Vario Techno 110 kadang mengalami beberapa masalah teknis, seperti mogok atau mesin mati saat digas.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah motor distarter bisa nyala, namun begitu digas malah langsung mati. Permasalahan ini tentu mengganggu kenyamanan berkendara dan perlu segera ditangani.

Berdasarkan sumber dari channel YouTube Yunus Motor, permasalahan ini terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam karburator.

Awalnya, kondisi kelistrikan motor diperiksa dan dinyatakan normal, termasuk aki, klakson, dan starter.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian karburator, mengingat Vario Techno 110 ini masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, bukan injeksi.

Pemeriksaan dimulai dari selang-selang bahan bakar yang ternyata dalam kondisi baik tanpa kebocoran.

Lalu dicek juga kondisi busi, di mana pengapian terlihat normal dengan percikan api berwarna biru. Karena tidak ditemukan masalah di kelistrikan dan busi, fokus beralih ke karburator.

Saat karburator dibuka, ditemukan adanya air yang mengendap di dalam bak penampungan bensin.

Air ini menyebabkan sumbatan pada pilot jet dan main jet, sehingga mesin hanya bisa langsam (idle) tetapi mati saat diberikan beban (digas).

Solusinya adalah dengan membersihkan seluruh bagian karburator, termasuk pilot jet, main jet, serta memastikan tangki bensin juga dikuras agar tidak ada air yang tersisa.

Setelah semua bagian dibersihkan dan dipasang kembali, Vario Techno 110 berhasil hidup normal dan responsif saat digas

 Kasus ini mengajarkan bahwa masuknya air ke dalam sistem bahan bakar bisa berdampak serius pada performa motor

VIVA, Banyumas – Vario Techno 110 merupakan salah satu motor skutik andalan Honda yang terkenal irit, nyaman, dan tangguh.

Honda Vario Techno 110 banyak digunakan untuk aktivitas harian karena keandalannya dalam berbagai kondisi jalan.

Namun, seiring usia pemakaian, Vario Techno 110 kadang mengalami beberapa masalah teknis, seperti mogok atau mesin mati saat digas.

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah motor distarter bisa nyala, namun begitu digas malah langsung mati. Permasalahan ini tentu mengganggu kenyamanan berkendara dan perlu segera ditangani.

Berdasarkan sumber dari channel YouTube Yunus Motor, permasalahan ini terjadi karena adanya air yang masuk ke dalam karburator.

Awalnya, kondisi kelistrikan motor diperiksa dan dinyatakan normal, termasuk aki, klakson, dan starter.

Setelah itu, pengecekan dilanjutkan ke bagian karburator, mengingat Vario Techno 110 ini masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, bukan injeksi.

Pemeriksaan dimulai dari selang-selang bahan bakar yang ternyata dalam kondisi baik tanpa kebocoran.

Lalu dicek juga kondisi busi, di mana pengapian terlihat normal dengan percikan api berwarna biru. Karena tidak ditemukan masalah di kelistrikan dan busi, fokus beralih ke karburator.

Saat karburator dibuka, ditemukan adanya air yang mengendap di dalam bak penampungan bensin.

Air ini menyebabkan sumbatan pada pilot jet dan main jet, sehingga mesin hanya bisa langsam (idle) tetapi mati saat diberikan beban (digas).

Solusinya adalah dengan membersihkan seluruh bagian karburator, termasuk pilot jet, main jet, serta memastikan tangki bensin juga dikuras agar tidak ada air yang tersisa.

Setelah semua bagian dibersihkan dan dipasang kembali, Vario Techno 110 berhasil hidup normal dan responsif saat digas

 Kasus ini mengajarkan bahwa masuknya air ke dalam sistem bahan bakar bisa berdampak serius pada performa motor